Bau Menyengat di Tersus Cemindo Gemilang Ganggu Polusi, DLH Lebak Bakal Segera Tindaklanjuti

  • Whatsapp
Tersus Cemindo Gemilang di Kecamatan Bayah, Lebak, Banten.

Barometer Banten – Bau menyengat yang diduga berasal dari Terminal khusus (Tersus) PT Cemindo Gemilang blok Jogjogan, Desa Darmasari, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, dikeluhkan warga. Keluhan warga ini bukan kali pertama, sejak perusahaan produsen semen merah putih ini juga sebelumnya dikeluhkan warga, lantaran debu polusi udara dari Tersus dilokasi tersebut.

Pantauan Barometer Banten, Selasa (05/01/2021), tampak tumpukan material yang mengeluarkan bau tak sedap itu menumpuk di gudang yang ada dilokasi Tersus. Belum diketahui, jenis material tersebut hingga mengeluarkan bau tak sedap.

Salah seorang Tokmas Kecamatan Bayah, AM Erwin KS, mengatakan, bau menyengat diduga berasal dari tumpukan material yang ada disekitar tersus PT CG kondisi ini membuat sekitar dan pengguna jalan, yang melintas di jalan raya Bayah – Cibareno sangat terganggu.

“Seharusnya hal itu segera  diminimalisir supaya tidak mengganggu bahkan berpotensi mengganggu kesehatan,” katanya.

Baca Juga: Irjen Rudy Heriyanto Resmi Jabat Kapolda Banten

Senada juga dikatakan Yayat Nurwan Kosasi Tokoh Masyarakat Lebak Selatan. Dia menyayangkan kondisi tersebut dan meminta agar pemerintah baik Kabupaten maupun Provinsi Banten tidak tinggal diam menyikapi keluhan masyarakat terutama mengenai pencemaran yang sudah jelas-jelas dampak dari keberadaan pabrik tersebut.

“Saya juga meminta agar pemerintah bersikap tegas. Jika keberadaanya merugikan atau bahkan membahayakn segera mengambil langkah tegas,” ujarnya.

Baca Juga: Lelang Proyek Pemprov Banten 2021 Dipercepat

Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Lingkungan Hidup (P2LH) pada DLH Kabupaten Lebak, Dasep, mengatakan, pihaknya sedang berkoordinasi dengan DLHK Provinsi Banten terkait informasi keluhan bau menyengat sekitar Tersus PT CG.

“Kita sedang berkoordinasi dengan DLHK Propinsi Banten, dan akan segera cek ke lokasi  untuk mengetahui sumber bau dan upaya penanganan,” katanya.

Sementara itu, GM Plant PT Cemindo Gemilang Bayah Tan Min, belum berhasil dikonfirmasi. Dihubungi melalui sambungan WhatsApp nya tidak merespon. (HD/Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar