Dianggap Punya Makna Negatif, Jangan Berikan Hadiah Imlek Ini

Ilustrasi Imlek (SC: Linggaupos)

Barometer Banten – Perayaan Imlek adalah momen yang dinantikan oleh keturunan Tionghoa karena merupakan tahun baru Cina.

Biasanya, perayaan ini menjadi waktu untuk berkumpul bersama keluarga dan orang terdekat sambil membagikan angpau maupun hadiah.

Ada banyak barang yang bisa Anda berikan sebagai hadiah, tetapi Anda juga tidak boleh lengah dan memberikan sembarangan barang.

Hal ini dikarenakan ada beberapa barang yang dianggap membawa sial atau makna negatif dalam kebudayaan Cina sehingga tidak layak dijadikan hadiah saat Imlek.

Beberapa Barang yang Dilarang Diberikan Saat Imlek

Ada beberapa barang yang bisa Anda jadikan sebagai hadiah di saat perayaan Imlek bagi orang tersayang. Namun, Anda juga harus berhati-hati karena ada pula beberapa barang yang pantang diberikan karena makna negatifnya!

  1. Benda Tajam dan Payung

Berdasarkan kepercayaan keturunan Tionghoa, memberikan hadiah berupa benda tajam seperti gunting saat Imlek mengisyaratkan bahwa Anda ingin memutus hubungan dengan Si Penerima Hadiah. Sama halnya dengan benda tajam, payung juga merupakan benda yang pantang diberikan sebagai hadiah saat Imlek karena menandakan bahwa hubungan dengan penerima hadiah telah berantakan.

  1. Barang yang Berkaitan dengan Angka 4

Angka 4 dalam bahasa Cina sekilas terdengar mirip dengan kata kematian. Hal ini membuat benda apa pun yang berkaitang dengan angka 4 atau mengandung angka 4 di dalamnya selalu dianggap membawa sial.

  1. Sepatu

Sebagaimana angka 4, sepatu juga memiliki terjemahan kata dalam bahasa Cina yang terdengar mirip dengan kata yang buruk. Ya, kata sepatu mirip dengan kata yang berarti nasib buruk atau jahat. Sepatu juga dinilai sebagai hadiah yang buruk karena merupakan barang yang kerap diinjak.

  1. Sapu Tangan

Masyarakat Tionghoa percaya bahwa sapu tangan biasa diberikan saat pemakaman karena merupakan simbol ucapan selama tinggal. Memberikan hadiah ini saat Imlek berarti Anda hendak mengucapkan selama tinggal selamanya alias memutus semua ikatan dengan orang tersebut.

  1. Jam

Kata “memberi jam” dalam bahasa Cina terdengar mirip dengan kata “menghadiri ritual pemakaman”. Jelas, bahwa tindakan yang mengisyaratkan nasib buruk itu bukanlah jenis hadiah yang tepat untuk dilakukan di perayaan Imlek. Jam dan arloji juga melambangkan waktu yang habis bagi seseorang yang sudah berusia lanjut.

  1. Buah Pir

Memberikan buah saat perayaan Imlek adalah hal yang baik, kecuali jika yang Anda berikan adalah buah pir. Dalam bahasa Cina, kata pir terdengar sama bunyinya dengan kata “berpisah” atau “meninggalkan”.

  1. Bunga

Perayaan Imlek berbeda dengan perayaan lain—Valentine, misalnya—yang mewajarkan Anda jika ingin memberikan hadiah berupa bunga kepada orang yang merayakannya. Alih-alih diberikan saat Imlek, bunga lebih identik diberikan saat upacara pemakaman.
Bunga merupakan simbol kesedihan, terutama bunga krisan kuning dan bunga berwarna putih. Menurut kebudayaan masyarakat Cina sendiri, warna putih juga dianggap pembawa sial sehingga kerap dihindari.

  1. Benda Warna Hitam dan Putih

Seperti halnya bunga, benda berwarna hitam dan putih juga merupakan item yang wajib ada dalam sebuah acara pemakaman. Jika ingin memberikan hadiah untuk orang yang

merayakan Imlek, lebih baik Anda memilih warna merah yang melambangkan keberuntungan.

  1. Cermin

Cermin dan barang-barang yang mudah rusak lainnya bukanlah jenis barang yang etis diberikan sebagai hadiah untuk perayaan Imlek. Dalam kepercayaan Cina, barang yang mudah rusak seperti cermin memberikan pertanda buruk dan bisa menarik roh jahat.

Itulah sederetan makna barang negatif yang membuatnya menjadi barang yang dilarang diberikan saat Imlek.

Ada banyak alternatif ide hadiah Imlek lain yang bisa Anda dapatkan di internet jika Anda belum punya bayangan.

Anda bisa mendapatkan hadiah Imlek tersebut di toko konvensional maupun marketplace seperti Blibli.

Di Blibli, Anda bisa mendapatkan banyak barang berkualitas orisinal dan berharga terjangkau ketika promo imlek sedang berlangsung. Nikmati juga penawaran menguntungkan lain seperti potongan gratis ongkos kirim dan pilihan jasa pengiriman super cepat yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan berbelanja Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.