FWM Baksel Siap Kawal Pilkades Serentak Secara Independen

  • Whatsapp
FWM Baksel saat menggelar Rakor

Barometer Banten – Forum Wartawan Malingping Lebak Selatan (FWM Baksel), akan mengawal jalannya proses penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2021 di Kabupaten Lebak, serta mengajak kepada para jurnalis untuk menjaga independensi.

Kusnadi, Ketua FWM Baksel, mengatakan, bahwa sebagai seorang jurnalis tugasnya mencari informasi untuk diinformasikan kepada publik.

Bacaan Lainnya

“Terkait Pilkades 2021 di Lebak ini, saya mengajak kepada para jurnalis untuk sama sama memberikan informasi kepada publik terkait tahapan tahapan Pilkades serta melakukan pemantauan atas penyelenggaraan Pilkades ini,” kata Kusnadi.

Sudah selayaknya, lanjut Kusnadi, Wartawan bersikap independen dan fokus kepada tugas pokok dan fungsi wartawan dan merujuk kepada Kode Etik Jurnalistik.

“Dalam hal ini, kita harus turut serta melakukan pemantauan, termasuk bilamana ada kecurangan-kecurangan yang dilakukan oleh oknum perusak pesta demokrasi tingkat desa ini, untuk itu kami dari FWM Baksel akan mengawal penyelenggaraan Pilkades 2021 Lebak,” terang Kusnadi.

Senada dikatakan Usep Setiana, Sekjen FWM Baksel. Menurutnya, gelaran pesta demokrasi tingkat desa ditengah pandemi Covid-19 ini harus benar-benar dilakukan ekstra pengawasan agar terselenggara dengan baik dan tidak ada penyimpangan-penyimpangan yang melawan aturan perundang-undangan.

“Ini bagian dari tugas kita, untuk mengawal serta memberikan informasi yang sesuai fakta agar publik bisa mengetahui apa yang terjadi selama proses Pilkades ini, semoga Pilkades ini bisa kondusif,” kata Usep.

Sementara itu, A. Riefai alias Opay, anggota FWM Baksel, menegaskan, pihaknya akan membuka posko pengaduan bagi siapa saja yang menemukan kecurangan-kecurangan dalam Pilkades ini.

“Jadi, bagi siapa saja yang menemukan kecurangan-kecurangan silahkan laporkan ke kami dan akan kami investigasi lebih lanjut serta akan kami publish sesuai dengan fakta,” ujar Opay.

Menurut Opay, langkah ini sangat perlu, untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat untuk berani bersuara dan sama sama mewujudkan pesta demokrasi yang sesuai dengan aturan.

“Untuk sumber jangan khawatir, ada aturan bahwasannya narasumber itu di lindungi dan bisa tidak untuk disebutkan, intinya kami akan semaksimal mungkin membantu pengawalan Pilkades ini di sesuai dengan tugas kami yaitu menyajikan informasi yang akurat,” pungkasnya. (Febry)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *