Urai Kemacetan, Gubernur WH Sulap Jembatan Bogeg Jadi Jembatan Terlebar di Indonesia

Barometer Banten – Kemacetan yang kerap terjadi di Jembatan Bogeg sepertinya tidak akan terjadi lagi. Pasalnya, ply over yang terletak di Jalan Syech Nawawi Al-Bantani, Kelurahan Banjaragung, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang itu, kini telah disulap menjadi jembatan terlebar di Indonesia.

Berdasarkan informasi ply over di atas Jalan Tol Merak-Jakarta ini, memiliki panjang 78 meter dan lebar 33 meter, dengan 8 lajur jalan, yang setiap arahnya terdiri dari 4 lajur. Sedangkan jembatan yang lama hanya memiliki lebar 4 meter akan dibongkar.

Bacaan Lainnya

Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) bareng pengendara menjajal jembatan terlebar yang dibangun dengan anggaran Rp 165 miliar itu, Rabu (22/12/2021). Dia berharap, pembangunan jembatan Bogeg ini dapat dimanfaatkan dan dirasakan oleh masyarakat Banten.

“Buat rakyat. Saya harap masayarakat merasakan manfaat dari hasil pembangunan,” ujar Gubernur WH.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Banten, Arlan Marzan kembali menyatakan, bahwa jembatan Bogeg sudah bisa dilewati untuk umum. Menurutnya, launching jembatan Bogeg akan dilaksanakan pada minggu ketiga bulan Januari 2022 mendatang. Saat ini, kata Arlan, progres pembangunan jembatan terlebar di Indonesia ini telah mencapai 80 persen.

“Sudah hampir 80 persen. Secara kapasitas jauh lebih baik dari jembatan yang lama,” ucapnya.

Pihaknya juga mengatakan, bahwa telah dilakukan loading test untuk menguji jembatan Bogeg.

“Loading test 12 kendaraan tronton dengan beban 400 ton,” katanya.

Arlan berharap, agar masyarakat Banten bisa menikmati buah pembangunan yang dilakukan oleh Pemprov Banten. Sehingga tak ada lagi kemacetan yang terjadi di sekitar jembatan Bogeg. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *