Panimbang-Bayah-Pelabuhan Ratu Bakal Dibangun Tol Lingkar

  • Whatsapp
Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) saat menghadiri kegiatan ground breaking rehabilitasi jalan dan jembatan Ruas Cipanas-Warung Banten di area Jembatan Ciberang, Kecamatan Lebakgedong, Kabupaten Lebak.

Barometer Banten – Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) memaparkan rencana pembangunan ruas jalan tol yang akan menghubungkan Panimbang-Bayah-Pelabuhan Ratu.

Hal itu disampaikan WH saat kegiatan ground breaking rehabilitasi jalan dan jembatan Ruas Cipanas-Warung Banten di area Jembatan Ciberang, Kecamatan Lebakgedong, Kabupaten Lebak, Rabu (08/09/2021)

Bacaan Lainnya

Diungkapkan WH, bahwa wilayah Kabupaten Lebak selatan akan dibangun infrastruktur berupa jalan tol. Ruas jalan tol itu akan membentang dari Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat hingga Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak.

“Kabar baik juga nanti dari Pelabuhan Ratu akan dibikin jalan tol sampai Cilograng dan Bayah,” ujarnya.

Tak hanya sampai Kecamatan Cilograng, WH telah berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (KemenPUPR) untuk memperpanjang ruas tol hingga Kecamatan Malingping.

“Kita mau tarik dan sudah lapor juga ke KemenPUPR dari Bayah sampai Malingping. Jadi jalan ini akan terjadi jalan lingkar,” paparnya.

Mantan anggota DPR RI itu berharap, dengan adanya pengembangan wilayah tersebut masyarakat bisa ikut bekerja sama. Kesadaran masyarakat agar bisa tetap terjaga

“Ketika butuh, ini mau dilebarkan jalannya. Jalan provinsi minimal 10 meter, tolonglah masyarakat ikut membantu. Kita akan lebarkan jalan,” katanya.

Seperti diketahui, saat ini pemerintah juga sedang membangun sejumlah ruas jalan tol terintegrasi. Salah satunya adalah Tol Bocimi atau Bogor-Ciawi-Sukabumi sepanjang 54 kilometer.

Jalan Tol Ciawi-Sukabumi terdiri atas 4 seksi, yaitu Seksi I Ciawi-Cigombong (15,35 Km), Seksi II Cigombong-Cibadak (11,9 Km), Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat (13,7 Km), dan Seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur (13,05 Km).

Ruas tol ini dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Trans Jabar Tol dengan nilai investasi sebesar Rp 11,71 triliun.

Seksi I Ciawi-Cigombong telah beroperasi pada Desember 2018 dan terkoneksi dengan ruas Tol Jagorawi. Dengan selesainya Tol Ciawi – Sukabumi ini nantinya akan semakin mendongkrak iklim usaha serta peningkatan perekonomian di wilayah Bogor, Ciawi maupun Sukabumi.

Jalan Tol Bocimi diharapkan dapat memangkas waktu perjalanan dari Bogor-Sukabumi yang berjarak sekitar 67 Km bila melalui jalan arteri. Saat ini, sedang dibangun pula Ruas Tol Cibadak-Pelabuhan Ratu yang memeiliki anjang 34,5 km. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *